Lomba Menulis “Sinergi Ekonomi Islam…” Juara 1: 3jt by FEB UB (DL: 25 Okt 2013)
Tema
“Sinergisitas Ekonomi Islam dengan Penguatan Ekonomi Global”
Sub Tema :
Krisis Global dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan kebijakan Fiskal dan Moneter
Global Sukuk dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Global
Pengembangan Sumberdaya Insani dalam Penguatan Sistem Perdagangan Global
Implementasi Microfinance dan Macrofinance berbasis Syariah dalam Industri Global
Inovatif Islamic Entrepreneurship dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia
Waktu Pelaksanaan :
Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak sampai 12 September 2013
Pengumuman 50 Abstrak Terpilih 22 September 2013
Batas Akhir Pengumpulan Paper 26 Oktober 2013
Pengumuman 10 Paper Terbaik 12 November 2013
Presentasi bagi 10 Paper Terbaik 23 November 2013
Syarat Administratif :
Peserta terdaftar sebagai mahasiswa (D3/SI) aktif di perguruan tinggi di Indonesia dibuktikan dengan mengirimkan 1 lembar scan Kartu Tanda Mahasiswa.
Dapat berupa perorangan atau tim yang terdiri dari maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan anggota kelompok dapat berasal dari program studi yang berbeda tetapi masih dalam perguruan tinggi yang sama.
Satu orang dapat bergabung dalam dua tim yang berbeda tetapi hanya boleh menjadi ketua pada satu tim.
Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara pada tingkat nasional. Serta Karya Tulis Ilmiah bukan merupakan hasil penelitian/skripsi.
Naskah yang telah masuk menjadi hak panitia.
Mekanisme Pendaftaran
Setiap peserta wajib mengisi formulir registrasi disini : klik disini
Mengirimkan abstrak dan CV penulis sesuai dengan ketentuan ke email resmi panitia secment.ub@gmail.com
Pendaftaran Peserta dan pengiriman abstrak tidak dipungut biaya
50 abstrak terpilih harus mengirimkan karyanya dan membayar biaya registrasi sebesar Rp 50.000 per karya
Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening Mandiri Syariah, No. 7047563733 a.n Arindah Dwi Cahyani, paling lambat 25 oktober 2013
Pengiriman Berkas
Mengirimkan softcopy naskah beserta scan KTM dan bukti pembayaran melalui email secment.ub@gmail.com paling lambat 25 oktober 2013
Karya Tulis peserta dijilid menggunakan kertas Buffalo warna kuning
Mengirimkan makalah Karya Tulis dalam bentuk hardcopy rangkap 3 (tiga), Fotocopy KTM, bukti pembayaran dan form keaslian karya, diterima oleh Panitia sejak tanggal 16 September 2013 sampai 26 Oktober 2013 (bukan cap pos), dikirimkan ke alamat :
Ketentuan Penulisan Abstrak
Sistematika Penulisan Abstrak
Abstrak berisi tidak lebih dari 250 kata.
Merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi: latar belakang, tujuan, metode, pembahasan dan simpulan.
Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (key words).
Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia.
Pedoman Penulisan Abstrak
Nama Penulis
Institusi Penulis, Kota,
Alamat Surat Menyurat Penulis
e-mail penulis utama saja@example.com
Abstrak
Abstrak dalam bahasa Indonesia pada kertas A4 dengan marjin kanan 4 cm, kiri 2,5 cm, atas 4 cm dan bawah 2,5 cm. Abstrak hendaknya tidak terdapat unsur kutipan, dengan penulisan tidak lebih dari 250 kata dengan menggunakan font Times New Roman 12 pt, 1 spasi, italic. Abstrak menerangkan secara ringkas tujuan penulisan, metodenya, hasilnya, serta kesimpulan utamanya.. Abstrak di susun sedemikian sehingga menggambarkan keseluruhan isi naskah dan diupayakan untuk mudah dimengerti oleh berbagai pihak, baik peneliti maupun praktisi.
Kata kunci: berisi sekitar 3-5 kata kunci yang digunakan. tanpa kata sambung, contohnya ‘dan’, ‘dari’, ‘dst’. Tanpa kependekan/singkatan: hanya singkatan yang sudah lazim yang dimungkinkan.
Ketentuan Penulisan Karya Tulis
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
Bagian Awal
Halaman Judul
Judul identik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
Nama penulis dan Nomor Induk Mahasiswa dibuat dengan jelas.
Asal Perguruan Tinggi ditulis dengan jelas.
Tahun Penulisan.
Lembar Pengesahan
Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk.
Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, dan
Wakil/ Pembantu Rektor / Ketua / Direktur Bidang Kemahasiswaan
Lengkap dengan stempel Perguruan Tinggi.
Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
Kata Pengantar dari Penulis.
Daftar isi dan daftar lainnya yang diperlukan seperti Daftar Gambar, Daftar Table, dan Daftar Lampiran.
Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya 1/2 (setengah) halaman kurang lebih 15 kalimat yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan,kesimpulan, dan rekomendasi.
Bagian Inti
Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkatmasalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah.
Mengundang pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan.
Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi:
Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.
Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, analisis-sismatis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
Bagian Isi atau Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta Telaah Pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
Bagian Penutup
Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.
Saran yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi ide yang diusulkan.
Bagian Akhir
Daftar Pustaka dicantumkan untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan Daftar Pustaka untukbuku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempatpenerbit. Penulisan Daftar Pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun,judul tulisan, nama jurnal, volume, dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat web site-nya.
Lampiran-lampiran (jika diperlukan).
Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat, dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, karya-karya ilmiahyang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih, sertadilampiri dengan pas foto warna terbaru ukuran 3x4 di pojok kanan atas halaman.
Persyaratan Penulisan
Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 25 halaman. Jika terdapat jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka hal tersebut dapat mengurangi penilaian.
Karya Tulis dijilid menggunakan kertas Buffalo warna biru muda.
Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.
Pengetikan
Tata Letak
Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style).
Batas pengetikan:
Samping kiri 4 cm.
Samping kanan 3 cm.
Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm.
Penomoran Halaman
Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi memakai angka Romawi Kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
Bagian tubuh/pokok karya tulis sampai dengan bagian penutup diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1, 2, 3, dan seterusnya).
Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
Kriteria Penilaian
Orisinilitas 10%
Penulisan 10%
Analisa Masalah 25%
Inovasi gagasan 15%
Aplikasi gagasan 15%
Solusi dan manfaat 25%
PENGUMUMAN PEMENANG
50 Finalis abstrak terbaik akan mendapatkan E-Sertifikat
Pengumuman 10 peserta (tim) yang lolosdalam Call For Paper Seventseas 2013 akan diumumkan melalui website resmi CIES http://seventseas2013cies.tumblr.com/ pada tanggal 12 November 2013 dan berhak untuk mepresentasikan karyanya pada 23 November 2013
Peserta yang lolos sebagai 10 Finalis dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 150.000 yang sudah termasuk biaya penginapan, transportasi dan Akomodasi lainnya.
10 Finalis akan mendapatkan tiket gratis untuk mengikuti seminar SEVENTSEAS
Hadiah untuk Para Pemenang :
Juara 1 : Rp. 3.000.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 2 : Rp. 2.000.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 3 : Rp. 1.000.000 + Trofi + Sertifikat
TATA TERTIB FINALIS
Peserta finalis dari satu tim yang lolos 10 besar wajib menggunakan pakaian rapi, jas almamater, dan sepatu pada saat Presentasi.
Pembagian ID dan nomor finalis ditentukan dengan pengundian pada saat Technical Meeting.
Peserta akan tampil mempresentasikan hasil karyanya di hadapan tiga orang Dewan Juri da nPeserta lainnya.
Peserta diberi waktu 25 menit untuk presentasi, dengan alokasi:
10 menit untuk presentasi
15 menit untuk tanya jawab
Peserta diwajibkan hadir 20 menit sebelum perlombaan dimulai.
Jika dalam 5 menit peserta yang dipanggil tidak tampil kedepan,maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur dari perlombaan.
Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
Panitia SECMENT UB
Sekretariat CIES
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
Jl. MT. Haryono 165, Malang 65145
Jika ada pertanyaan silakan menghubungi:
Safaris ( 085655893319 ) atau Fita ( 085728417793 )
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar